uang baru 2022

Cara mengenali ciri ciri keaslian uang rupiah baru

Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesi yang ke-77, Pemerintah bersama Bank Indonesia meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah kertas baru tahun emisi 2022. Uang baru emisi 2022 yang baru diluncurkan terdiir atas uang kertas pecahan Rp. 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000 dan Rp 1.000. Ketujuh pecahan uang Tahun Emisi 2022 resmi berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut pejabat Bank Indonesia (BI), pecahan uang kertas baru Tahun Emisi 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada halaman depan dan tema kebudayaan Indonesia (tarian, flora dan pemandangan alam) pada bagian belakang. Lebih lanjut dijelaskan bahwa ada 3 aspek penguatan dari pecahan uang kertas baru ini antara lain desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Bank Indonesia telah merilis panduan bagi masyarakat agar lebih mudah dalam mengenali ciri ciri keaslian uang rupiah baru di sini. Adapun untuk mengetahui keaslian uang rupiah baru adalah dengan cara dilihat, diraba dan diterawang. Setiap langkah tersebut akan menampilkan ciri yang berbeda.

Cara mengenali ciri ciri keaslian uang rupiah

Saat dilihat dengan mata telanjang, uang akan terlihat:

  • Gambar utama pahlawan nasional
  • Nominal pecahan dalam bentuk angka maupun huruf
  • Benang pengaman di sisi kiri yang warnanya mengikuti warna uang
  • Pada sisi kiri bawah terdapat gambar bunga dan logo BI. Tinta dari gambar bunga dan logo BI dapat berubah warna jika uang digerakkan

Jika uang diraba dengan jari, maka akan terasa:

  • Kasar dibagian bagian tertentu seperti pada gambar garuda di sisi kanan atas
  • di bagian pinggir sebelah kanan atas terdapat kode tuna netra

Saat diterawang uang baru akan menampilkan:

  • Tanda air (watermark) di sisi belakang uang bagian kanan
  • Gambar saling isi (Retroverso)

Lihat juga cara perpanjang paspor

Leave a Reply